Selasa, 26 Mei 2009

Iwan Fals: Saya Tak Pantas Jadi Presiden


Siapa yang tidak mengenal sosok Iwan Fals. Sebagai seorang musisi legendaris tanah air, baik lagu maupun sikapnya yang tegas terhadap penindasan sosial wong cilik kerap dijadikan inspirasi dan panutan. Selain itu, jutaan fans fanatik OI (Orang Indonesia) yang tersebar di seluruh pelosok negeri adalah dinamikanya. Lantas, tertarikkah Iwan terjun ke politik atau latah mencalonkan diri menjadi presiden RI?

Bagi pria yang mempunyai nama asli Virgian Listanto tersebut, dirinya sama sekali tidak pernah tertarik untuk ‘bermain’ politik. Ironis memang, padahal banyak sejumlah kalangan yang menilai Iwan Fals cukup mempunyai potensi untuk mendapatkan dukungan suara.

“Saya merasa politik bukan dunia saya, kalaupun ada artis yang mencalonkan diri itu sah-sah saja selama ia berpikir mampu menjalankan amanah” ucapnya kepada beritabaru.com di Jakarta Selasa (3/3).

Sebenarnya, sebagai seorang seniman Iwan Fals cukup mempunyai visi kebangsaan yang sangat peka. “Saya selalu berandai-andai, kalau saja di bangsa ini setiap 5 keluarga saling membantu 1 keluarga miskin, maka insya Allah masalah kemiskinan akan berangsur-angsur selesai di negeri ini” ujar pria yang mengaku sedang mempersiapkan 3 single terbaru yang akan segera diluncurkan ke pasar secepatnya.

Saat disinggung apakah singlenya tersebut berkaitan dengan nuansa pemilu? dengan senyum khasnya ia menjawab iya.

“Tapi inspirasi terbesar saya justru sama dengan salah satu penggemar saya yang bernama Slamet. Ia rela berjalan kaki dari Brebes selama 13 hari hanya untuk menyaksikan saya konser di Jakarta. Begitu juga dengan Daeng (penggemar asal Sulawesi), yang melakukan perjalanan memakai sepeda keliling Indonesia, hanya karena ia terinspirasi oleh lagu saya. Mereka sangat luar biasa” tambahnya.

Ia mengaku hampir-hampir tidak percaya bahwa lagu-lagunya selama ini memiliki dampak luar biasa bagi para penggemarnya. “Makanya saya pikir saya akan terus berada di jalur ini (musik), selama saya bisa memberi pengaruh positif bagi siapa saja yang mendengarkan lagu saya” terangnya.

Saat ditanya, bagaimana jika para OI mendesaknya untuk maju sebagai Presiden? Ia pun hanya tersenyum dan berkata tidak. “Rasanya kok tidak pantas yah, kalau saya menjadi Presiden,” kata Iwan Fals tegas
beritabaru.com -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar