Sabtu, 24 Januari 2009

Iwan Fals Peduli Lingkungan


Penyanyi Iwan Fals menggelar konser di rumahnya, Leuwinanggung, Cimanggis, Bogor, Sabtu, sekaligus melakukan kampanye penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan.

Ini bentuk keikutsertaan saya secara pribadi dalam kampanye perubahan iklim. Semoga penanaman pohon ini kelak turut menyumbangkan oksigen, setidaknya bagi masyarakat di sekitar sini, katanya beberapa saat sebelum naik panggung.

Iwan yang tampil santai dengan kaos warna biru laut dipadu kain sarung polos warna biru tua duduk di kursi sambil menggendong gitarnya. Ia tampil bersama iringan band dan ditonton sekitar 400 penggemarnya yang disebut kelompok OI (Orang Indonesia).

Konser di ruang terbuka ini dimulai pukul 15.30 WIB dengan lagu pembuka berjudul sama dengan judul konsernya Ini Bukan Mimpi. Ratusan penonton yang terdiri atas orang dewasa hingga anak-anak ini langsung menyerbu depan panggung dan ikut bernyanyi.

Ini adalah lagu yang terinspirasi kejadian tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 lalu, katanya usai menyanyikan lagu.

Dalam konser ini Iwan membawakan 14 lagu yang sebagian besar bertema tentang alam, penghijauan, dan beberapa lagu bertema sosial, ekonomi, hingga politik.

Lagu-lagu yang dibawakan diantaranya Manusia Setengah Dewa, Kesaksian, Nyanyian Hati, Sumbang, Pohon untuk Kehidupan, lagu ciptaannya Siram Tanam, dan lagu yang syairnya ditulis oleh Menteri Kehutanan MS Kaban berjudul Hutanku.

Pulang bawa pohon satu per satu ya, tanamlah jangan sampai mati, karena pohon juga sumber kehidupan dan masa depan kita, ujarnya pada penonton.

Dalam wawancara sebelum konser, Iwan mengungkapkan pentingnya mengajak generasi muda untuk mulai peduli pada lingkungan. Salah satu cara untuk berkampanye mengajak generasi penerus bangsa ini adalah melalui pesan yang disisipkan dalam lagu dan konsernya.

Untuk mengajak penggemarnya ikut menanam pohon, Iwan Fals Management yang bekerja sama dengan Departemen Kehutanan memberikan satu pohon kepada setiap penonton untuk ditanam di sekitar rumah mereka.

Persoalan bumi adalah persoalan kita bersama, jadi harus kita selesaikan bersama-sama. Semoga pulang dari sini bisa memberi inspirasi bagi kalian semua untuk berbuat lebih baik bagi bumi kita ujarnya sebelum mengakhiri konser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar